Thursday, February 19, 2009

Tips Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil

Sesak saat usia kehamilan enam bulan keatas wajar terjadi. Hal tersebut dikarenakan kondisi rahim yang semakin membesar dengan berat badan bayi yang terus bertambah besar dan akibatnya menekan dinding dada atau diafragma sang ibu hamil. Sehingga rongga paru akan berkurang dan timbul sesak. Memang ada sebagian ibu hamil tidak merasakan hal tersebut.

Berikut adalah tips untuk membantu mengurangi sesak selama kehamilan ibu :

* Disarankan bagi ibu hamil untuk melakukan kegiatan olah raga untuk ibu hamil. Olah raga untuk ibu hamil dapat membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Tentu saja olah raga tersebut harus sesuai dengan usia kehamilan. Senam hamil biasanya dilakukan pada usia 28 sampai 30 minggu masa kehamilan.
* Sebaiknya ibu hamil selalu duduk dengan tegak agar ruang paru-paru tidak tertekan dan mempunyai ruang lebih untuk bernafas.
* Saat tidur usahakan agar kepala dan bahu diganjal pada satu atau dua bantal.
* Jika sesak dirasakan saat berdiri atau berjalan, istirahatlah, bungkukkan badan dan sandarkan badan pada kursi atau bantal. Jika sesak belum juga berkurang, konsultasikan dengan dokter atau bidan Anda.

Yang mempunyai solusi lain, silahkan berbagi dengan menambahkan tipsnya dibawah.
Anda juga dapat curhat atau pun berpartisipasi diskusi mengenai topic ini di Forum Keluarga atau http://www.tipskeluarga.com/forum/

No comments:

Post a Comment