Wednesday, February 18, 2009

Kehamilan Minggu 32: Usia Janin 30 Mingg


Berapa Besar Bayi Anda?

Pada minggu ini, berat bayi anda hampir 4 pon (1,8 kg). Panjang kepala ke bokong lebih dari 11,6 inci (29 cm), dan panjang total 18,9 inci (42 cm).

Berapa Besar Anda?
Pengukuran bagian atas rahim dari simfisis pubis sekitar 12,8 inci (32 cm). Pengukuran dari pusar anda ke bagian atas rahim sekarang hampir 5 inci (12 cm).

Bagaimana Bayi Anda Bertumbuh dan Berkembang

Kembar 2? 3? Lebih?
Bila berbicara tentang kehamilan lebih dari seorang bayi, sebagian besar kita mengacu pada kembar. Kemungkinan kehamilan kembar dua lebih sering terjadi daripada kehamilan dengan kembar tiga, empat, atau lima (atau bahkan lebih!).

Anda dan pasangan anda mungkin terkejut bila anda mengetahui anda mengandung lebih dari seorang bayi. Itu reaksi yang normal. Akhirnya kegembiraan mengandung dua orang bayi akan membantu mengimbangi ketakutan dan tanggung jawab yang anda rasakan. Jika anda mengandung dua atau lebih bayi, anda akan lebih sering mengunjungi dokter anda. Anda akan memerlukan perencanaan yang cermat utuk persalinan dan perawatan bayi setelah anda pulang ke rumah. Baca halaman berikut mengenai informasi lebih rinci tentang hal-hal sekitar kembar.

Kembar

Kembar identik dan kembar Fraternal
Janin kembar biasanya berasal dari pembuahan dua telur yang terpisah. Ini disebut kembar dizigot atau kembar fraternal. Dengan kembar fraternal, anda dapat memiliki seorang bayi laki-laki dan seorang bayi perempuan.

Sekitar 33%, kembar berasal dari satu sel telur yang membelah menjadi dua struktur yang serupa. Setiap sel mempunyai potensi berkembang menjadi individu yang terpisah. Ini disebut kembar monozigot atau kembar identik. Dua bayi hampir selalu berjenis kelamin yang sama. Kemba identik tidak selalu identik. Mungkin saja kembar fraternal lebih mirip daripada kembar identik!

Proses ini juga terjadi bila lebih dari dua janin terbentuk. Misalnya, kembar empat bisa berasal dari pembuahan satu, dua, tiga, atau empat sel telur.

Pembelahan sel telur yang telah dibuahi terjadi antara beberapa hari pertama dan sekitar hari ke-8. Dalam buku ini, kami mengacu pada kehamilan minggu ketiga. Jika pembelahan sel telur terjadi setelah delapan hari, hasilnya dapat menjadikembar yang menyatu, disebut conjoined twins (kembar siam). Bayi ini membagi organ-organ internal penting, seperti jantung, paru-paru, atau hati. Untungnya hal ini jarang terjadi.

Mungkin saja kembar fraternal lebih mirip daripada kembar identik!


Frekuensi Kelahiran Kembar
Frekuensi kembar tergantung jenis kembar. Kembar identik terjadi sekitar satu kali dalam setiap 250 kelahiran di seluruh dunia. Pembentukan jenis kembar tidak dipengaruhi oleh usia, ras, keturunan, jumlah kehamilan atau obat-obatan untuk infertilitas (obat fertilitas). Insiden kembar fraternal dipengaruhi oleh ras, keturunan, usia ibu, jumlah kehamilan terdahulu, dan penggunaan obat fertilitas.

USG menunjukkan dua bayi dalam rahim.
Jika anda mengamatinya lebih dekat, anda dapat melihat dua kepala.
Ilustrasi tafsiran menunjukkan bagaimana bayi anda terletak.

Frekuensi janin kembar sangat bervariasi di antara ras. Kembar terjadi dalam 1 dari setiap 100 kehamilan pada wanita kulit putih di bandingkan dengan 1 dari setiap 79 kehamilan pada wanita kulit hitam. Daerah Afrika tertentu mempunyai frekuensi kembar sangat tinggi. Pada beberapa tempat, kembar terjadi sekali dalam setiap 20 kelahiran! Wanita Hispanik juga mempunyai jumlah kelahiran kembar yang leibh tinggi daripada wanita kulit putih. Kejadian kembar di antara wanita Asia kurang umum: sekitar 1 dalam setiap 150 kelahiran.

Keturunan juga berperan dalam terjadinya kembar. Pada suatu studi terhadap kembar fraternal, kemungkinan seorang wanita kembar mengandung bayi kembar sekitar 1 dalam 58 kelahiran.

Terjadinya kembar lebih umum daripada yang kita ketahui. Pemeriksaan USG awal sering menunjukkan dua kantong atau dua kehamilan. Kemudian, USG pada wanita yang sama menunjukkan bahwa satu kantong (atau satu kehamilan) telah menghilang, sementara kehamilan lain terus bertumbuh dan berkembang secara normal. Beberapa peneliti percaya pemeriksaan USG tidak boleh dilakukan pada kehamilan minggu 8 sampai 10 pertama. Orangtua yang diberitahu memiliki kembar pada saat ini mungkin putus asa bila nanti salah satu bayi tidak akan dilahirkan.

Kembar tiga terjadi sekali dalam setiap 8.000 kelahiran. Banyak dokter yang tidka pernah membatu persalinan kembar tiga dalam karir kedokteran mereka.

Beberapa keluarga lebih diberkati daripada keluarga lain. Pada sebuah kasus kami mengetahui, seorang wanita mempunyai tiga kelahiran tunggal. Kehamilan keempatnya kembar dua, dan kehamilan kelimanya kembar tiga! Dia dan suaminya memutuskan kehamilan satu lagi—mereka terkejut (dan mungkin lega) saat kehamilan keenamnya menghasilkan hanya satu orang bayi.

Obat Fertilitas, Pembuahan In-Vitro dan Kehamilan Kembar
Kami mengetahui sejak lama bahwa obat fertilitas (kesuburan) meningkatkan kemungkinan kehamilan kembar. Beberapa obat yang berbeda digunakan untuk mengobati infertilitas. Setiap obat mempengaruhi kemungkinan anda untuk menghasikan lebih dari satu janin pada tingkatan yang berbeda. Salah satu obat yang lebih umum adalah clomiphene (Clomid). Obat ini meningkatkan kemungkinan janin kembar kurang dari obat-obatan lainnya. Tetapi peningkatan kemungkinan masih ada.

Kembar lebih sering terjdi pada kehamilan yang menggunakan obat kesuburan atau dengan implantasi lebih dari satu embrio dengan pembuahan in-vitro. Persentase janin laki-laki berkurang saat jumlah janin per kehamilan meningkat. Artinya wanita lebih banyak dilahirkan dari kehamila kembar ini.

Mengetahui Anda Mengandung Lebih Dari Satu Bayi
Diagnosis kembar lerbih sulit sebelum USG tersedia. Ilustrasi pada halaman 316 menunjukkan USG kembar. Anda dapat melihat bagian-bagian dari kedua janin.

Tidak umum mengetahui kehamilan kembar dnegan hanya mendengarkan dua detak jantung. Banyak orang percaya bila hanya satu detak jantung terdengar, tidak ada kemungkinan kembar. Bukan itu masalahnya. Dua detak jantung yang cepat mungkin mempunyai kecepatan yang serupa atau hampir identik. Hal itu membuatnya sulit untuk menentukan bahwa terdapat dua orang bayi.

Banyak orang percaya bila hanya satu detak jantung terdengar, tidak ada kemungkinan kembar. Bukan itu masalahnya. Dua detak jantung yang cepat mungkin mempunyai kecepatan yang serupa atau hampir identik.


Pengukuran dan pemeriksaan perut ada selama kehamilan itu penting. Biasanya kehamilan kembar diketahui pada trimester kedua karena anda terlalu besar dan pertumbuhannya tampak terlalu cepat untuk kehamilan tunggal.

Pemeriksaan USG merupakan cara terbaik untuk mengetahui apakah anda mengandung leibh dari satu bayi. Diagnosis juga dapat dilakukan oleh sinar-X setelah kehamilan minggu ke-16 sampai ke-18, saat rangka janin terlihat. Akan tetapi, metode ini jarang digunakan saat ini.

Apakah Kehamilan Kembar Mempunyai Masalah Lebih Banyak?
Dengan kehamilan kembar, kemungkinan masalah meningkat. Kemungikinan masalah antara lain:
- Meningkatnya risiko keguguran
- Kematian janin atau mortalitas
- Cacat janin
- Berat badan lahir rendah atau retardasi pertumbuhan
- Pre-eklampsia
- Masalah dengan placenta. Termasuk abrupsi placenta dan placneta previa
- Anemia maternal
- Perdarahan maternal atau hemorrhage
- Masalah dengan tali pusar, antara lain tali pusar melilit.
- Hidramnion atau polihidramnion
- Komplikasi persalinan dengan presentasi janin abnormal, seperti letak bokong atau transversal

Persalinan prematur
Salah satu masalah terbesar dengan kehamilan kembar adalah persalinan prematur. Saat jumlah janin meningkat, lama kehamilan dan berat badan lahir menurun, meskipun ini tidak selalu benar pada setiap kasus.

Rata-rata kehamilan kembar sekitar 37 minggu. Untuk kembar tiga sekitar 35 minggu. Untuk setiap minggu keberadaan bayi dalam rahim, berat badan lahirnya meningkat, bersama dengan kematangan organ dan sistem organ.

Cacat lebih banyak terjadi pada kehamilan kembar daripada kehamilan tunggal. Insiden cacat ringan dua kali dibandingkan kehamilan tunggal. Cacat lebih sering terjadi di antara kembar identik daripada kembar fraternal.

Salah satu tujuan utama mengatasi kehamilan kembar adalah meneruskan kehamilan selama mungkin untuk menghindari persalinan prematur. Hal ini terbaik bila disertai dengan istirahat di tempat tidur. Anda tidak dapat meneruskan aktivitas reguler selama kehamilan anda. Jika dokter anda menyarankan istirahat di tempat tidur, ikuti nasihatnya.

Penambahan berat badan penting pada kehamilan kembar. Anda akan bertambah berat lebih daripada normal 25 sampai 35 pon, tergantung pada jumlah janin yang anda kandung. Suplementasi zat penting juga penting.

Beberapa peneliti percaya penggunaan agen tokolitik (obat untuk menghentikan sakit persalinan), seperti ritodrin, penting dalam mencegah perslainan prematur. (Lihat Minggu 29.) Agen ini digunakan untuk menenangkan rahim untuk mencegah anda dari persalinan prematur.

Ikuti instruksi dokter anda. Setiap hari dan setiap minggu anda dapat menjaga bayi di dalam anda maka anda tidak harus mengunjungi dokter anda selama berminggu-minggu dalam perawatan intensif saat mereka bertumbuh, berkembang, dan menyelesaikan pendewasaan organnya.

Melahirkan Lebih Dari Satu Bayi
Bagaimana janin kembar dilahirkan sering tergantung pada bagaimana letak janin dalam rahim anda. Komplikasi yang mungkin terjadi selama sakit melahirkan dan persalinan, selain prematuritas, antara lain:
- Presentasi abnormal (bokong atau tranversal)
- Prolapsus tali pusar (tali pusar keluar lebih dulu dari bayi)
- Abrupsi placenta
- Tekanan janin (fetal distress)
- Perdarahan setelah persalinan

Masalah ini sering terjadi pada janin kembar. Karena risiko yang lebih tinggi selama sakit melahirkan dan persalinan, tindakan pencegahan dilakukan sebleum persalinan dan selama sakit melahirkan. Ini termasuk kebutuhan intravenous, kehadiran ahli anestesi, dan ketersediaan dan kemungkinan adanya dokter anak atau paramedis lainnya untuk menangani bayi.

Pada kembar, semua kemungkian kombinasi dari posisi janin dapat terjadi. Kedua bayi bisa keluar kepala lebih dulu (vertex). Presentasinya bisa breech (bokong), artinya bokong atau kaki lebih dulu. Mereka bisa keluar menyamping atau miring, artinya sudut yang bukan bokong atau vertex. (Lihat pembahasan presentasi kelahiran pada Minggu 38.)

Bila kedua janin berada kepala lebih dulu, persalinan vaginal mungkin diusahakan dan selesai dengan selamat. Mungkin saja seorang bayi lahir normal. Sedangkan yang kedua membutuhkan bedah Cesar jika tali pusar keluar lebih dulu atau bayi tertekan setelah persalinan janin pertama. Beberapa dokter percaya bahwa persalinan dua atau lebih bayi membutuhkan bedah Cesar.

Setelah persalinan dua atau lebih bayi, dokter memperhatikan perdarahan maternal karena perubahan ukuran rahim yang cepat. Rahim sangat besar pada kehamilan lebih dari saru bayi. Obat, biasanya oksitosin (Pitocin), diberikan intravena untuk menghentikan perdarahan rahim sehingga ibu tidak banyak kehilangan darah. Kehilangan darah yang banyak dapat menyebabkan anemia dan membutuhkan transfusi darah atau pengobatan jangka panjang dengan suplementasi zat besi.

Perubahan pada Anda
Sampai minggu ini, kunjungan anda ke dokter dilakukan bulanan, kecuali anda mengalami komplikasi atau masalah. Pada minggu 32, sebagian besar dokter mulai menemui seorang wanita hamil setiap 2 minggu. Ini akan berlanjut sampai anda sampai pada bulan kehamilan terakhir; pada saat itu, anda akan mengunjungi dokter seminggu sekali.

Sekarang waktu yang baik untuk bertanya dan membahas masalah sakit melahirkan dan persalinan.


Pada saat ini, anda mungkin sudah mengenal dokter anda cukup baik dan merasa nyaman membicarakan keprihatinan anda. Sekarang waktu yang baik untuk bertanya dan membahas masalah sakit melahirkan dan persalinan. Jika terdapat komplikasi atau masalah pada kehamilan lebih lanjut atau pada saat melahirkan, anda dapat berkomunikasi lebih baik dengan dokter anda dan mengetahui apa yang terjadi. Anda akan merasa nyaman dengan perawatan yang anda terima.

Dokter anda bisa merencanakan atau membicarakan tentang banyak hal pada minggu yang akan datang, tetapi anda tidak selalu dapat menerimanya. Anda bisa mengikuti kelas prenatal dan mendengar hal berbeda mengenai sakit melahirkan dan persalinan, seperti enema, intravena, dan komplikasi. Jangan takut untuk menanyakan pertanyaan yang anda miliki. Sebagian besar dokter dan perawat mau menerima pertanyaan anda. Mereka ingin anda membahas segala hal yang anda pikirkan.

Kunjungan ke Dokter

Jackie mengakui bahwa dia tidak meminum vitamin prenatalnya secara teratur pada awal kehamilannya. Dia mengatakan bahwa dia bosan meminum vitaminnya dan bertanya apakah dia dapat tidak meminum vitaminnya sekarang karena dia telah memasuki trimester ketiga. Saya memberitahunya bahwa suatu kesalahan tidak meminum vitamin prenatalnya setiap hari.


Bagaimana Tindakan Anda Mempengaruhi Perkembangan Bayi Anda

Meminum Vitamin Prenatal
Vitamin dan zat besi dalam vitamin prenatal penting untuk kesehatan anda dan janin anda. Jika anda anemi pada saat persalinan, jumlah darah yang rendah menyebabkan efek negatif pada anda dan bayi anda. Kemungkinan anda untuk membutuhkan transfusi darah bisa lebih tinggi. Tetap minum vitamin prenatal anda setiap hari!

Gizi Anda
Jika anda mengandung lebih dari satu bayi, nutrisi dan penambhana berat anda sangat penting selama kehamilan anda. Makanan merupakan sumber gizi dan kalori yang terbaik, tetapi juga penting bagi anda untuk meminum vitamin prenatal anda setiap hari. Jika anda tidak mengalami penambahan berat badan pada awal kehamilan, anda mempunyai kemungkinan lebih tinggi terhadap pre-eklampsia. Bayi anda mungkin juga kecil.

Jika anda mengandung bayi kembar, sasaran penambahan berat (untuk wanita berberat badan normal) adalah sekitar 45 pon. Jangan terkejut bila dokter anda membahas jumulah berat badan yang diiinginkannya. Studi menunjukkan bahwa seorang wanita yang menambah sejumlah berat badan yang ditargetkan pada kehamilan kembar, bayinya sering lebih sehat.

Bagaimana anda dapat menambah berat badan yang anda butuhkan? Hanya menambah kalori ekstra tidak menguntungkan anda atau janin anda. Junk food, penuh dengan kalori kosong, tidak menambah banyak. anda dapat mendapatkan kalori dari sumber-sumber tertentu. Misalnya, makan produk susu dan protein dengan porsi ekstra setiap hari. Dua jenis makanan ini memberikan anda ekstra kalsium, protein, dan zat besi yang anda butuhkan untuk memenuhi kebutuhan janin anda. Diskusikan keadaan ini dengan dokter anda; dokter anda mungkin menyarankan anda menemui seorang ahli gizi.

Tip untuk Minggu 32

Kebutuhan anda akan kalori, protein, vitamin dan mineral meningkat jika anda mengandung leibh dari satu bayi. Anda perlu makan sekitar 300 kalori per hari lebih banyak per bayi untuk kehamilan normal. Untuk informasi bagaimana menambahkan 300 kalori.


Anda Juga Harus Tahu

Perdarahan Postpartum dan Hemorrhage
Kehilangan darah selama sakir persalinan dan melahirkan itu biasa. Akan tetapi, hemorrhage postpartum berbeda dan signifikan. Hemorrhage postpartum adalah kehilanga darah lebih dari 17 ons (500ml) dalam 24 jam pertama setelah bayi anda lahir.

Banyak alasan terjadinya hemorrhage postpartum. Penyebab paling umum yaitu rahim yang tidak berkontraksi dan koyak atau robek pada vagina atau serviks selama proses persalinan.

Penyebab lain antara lain trauma pada saluran genital, seperti episiotomi yang lebar atau berdarah, atau pecah, atau lubang, atau robek dalam rahim. Darah yang hilang berhubungan dengan gagalnya pembuluh darah dalam rahim (tempat melekatnya placenta) menekan untuk menghentikan perdarahan. Hal ini akan terjadi jika rahim gagal berkontraksi karena sakit persalinan yang cepat, lama, beberapa persalinan sebelumnya, infeksi rahim, rahim yang terlalu besar (dengan kehamilan kembar) atau agen tertentu yang digunakan sebagai anestesi umum.

Perdarahan berat juga disebabkan oleh tertahannya jaringan placenta. Dalam keadaan ini, sebagian besar placenta keluar, tetapi sebagian tertinggal di dalam rahim. Tertinggalnya jaringan placenta menyebabkan perdarahan dengan segera, atau perdarahan terjadi beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan kemudian.

Masalah dengan bekuan darah dapat menyebabkan perdarahan. Ini berhubungan dengan kehamilan, atau masalah kesehatan bawaan. Perdarahan yang menyertai persalinan membutuhkan perhatian tetap dari dokter anda dan perawatan bagi anda.

Tip buat Ayah

Bersama dengan pasangan anda, buat daftar nomor telepon penting dan simpanlah. Antara lain nomor telepon tempat kerja anda, tempat kerja pasangan anda, rumah sakit, kantor dokter, supir pengganti, pengasuh bayi, atau yang lainnya. Anda juga bisa membuat daftar orang-orang yang ingin anda hubungi setelah kelahiran anak anda. Bawa daftar ini ke rumah sakit bersama anda.

No comments:

Post a Comment